spider

ANDRIANFALZYAH.BLOGSPOT . GUE BLOG KREATIV DAN INOVATIV

Senin, 25 Juli 2016

Doa mantra supaya burung berkicau bagus


Doa Mantra Agar Burung Mau Berkicau Bagus

Doa supaya kicau burung menjadi bagus akan sangat menarik dibahas karena kita tahu bahwa dengan mantra agar burung mau berkicau misalnya murai batu atau burung pleci dan kacer akan memberikan efek sangat berguna ketika kita sedang ingin memelihara burung kicauan supaya menemukan teknik memelihara  burung dengan baik sehingga dapat memberikan manfaat dalam setiap waktu. Doa agar burung menang lomba dalam sebuah perlombaan kadang tidak akan sama dengan keinginan untuk mencari burung yang bagus sebagai bibit supaya dapat menjadi lebih banyak dengan teknik tertentu memberikan keyakinan pada kita bahwa dengan keinginan tersebut maka apa yang dilakukan pasti akan berhasil menjadikan seseorang sebagai penentu dalam sebuah keadaan dimana kita dapat saling melengkapi dalam setiap keadaan karena tidak ada orang yang tahu apa keadaan selanjutnya setelah berhasil menangkap burung dengan pikat yang telah dibuat sebaik mungkin sehingga memberikan hasil tertentu dalam hidup kita.

Hobi memelihara burung dengan cara yang baik memang menjadi sangat marak belakangan ini karena burung adalah salah satu binatang yang mudah dipelihara, dan dapat mengeluarkan aneka macam suara merdu sehingga kita dapat menjadikan hewan ini sebagai teman dalam kesepian bagi yang sangat suka dengan suara burung berkicau, demikian pula dengan keinginan untuk memiliki burung dengan macam yang banyak akan sangat membantu bagi mereka yang seba ingin mendapatkan kebaikan dari burung tersebut karena dengan mengerti apa yang di inginkan sebagian orang maka dapat dipastikan kita memiliki kesempatan untuk menjadi lebih baik lagi dalam berbagai hal karena dengan demikian semua itu akan semakin terlihat nyata ketika kita mempunyai komitmen untuk mendapatkan yang terbaik dalam kesempatan tertentu karena tidak ada lagi keinginan menjadikan burung sebagai suatu pelarian keadaan tertentu misalnya selalu diburu.


Dengan kata lain kita dapat memelihara burung dengan berbagai jenis yang bukan termasuk satwa langka, karena ketika mendapatkan keadaan tersebut akan berdampak pada punahnya hewan yang seharusnya dilindungi dan dibiarkan hidup di alam bebas untuk tetap bisa berkembang biak.

Doa menjadikan burung gacor atau senang berkicau dapat dilakukan dengan menyusun kalimat sendiri, dengan landasan niat yang kuat dan di imbangi usaha serius dalam merawatnya, maka dapat dipastikan burung kita akan semakin bagus

Beberapa kiat dalam melatih burung agar mau berkicau:

Memastikan burung selalu dalam keadaan prima dan tidak stress
Hindari makanan yang membuat burung lesu dan tidak mau bersuara
Hanya memilih makanan yang berkualitas, mungkin harga sedikit mahal namun kualitas akan sebanding
Tidak mencampur terlalu banyak jenis burung karena akan mengacaukan perkembangan burung tersebut
Sabar dan telaten dalam merawat burung


Masih banyak lagi kiat yang dapat dicoba untuk mendapatkan burung dengan kualitas juara dan tentunya seimbang dengan keinginan kita dalam memiliki hewan yang baik untuk dijadikan binatang kesayangan maupun ketika harus turun mengikuti perlombaan, tentunya hal ini akan membantu karena dapat memberikan pemahaman tersendiri ketika sedang ingin melatih burung supaya berkicau dengan merdu dan mempunyai daya saing tinggi ketika disandingkan dalam perlombaan tertentu. Mungkin masih banyak kekurangan dalam merawat setiap burung yang kita miliki, namun dari banyaknya referensi yang ada menjadikan kita semakin mudah dalam mempelajari seluk beluk tentang hewan ini karena akan membantu dalam memberikan kualitas terbaik sehingga hobi memelihara burung bukan hanya sekedar hobi namun dapat dikembangkan menjadi lahan bisnis kita dimasa depan yang akan memberikan hasil sangat memuaskan.

Sabtu, 26 April 2014

BELAJAR DARI PENSIL


Pensil itu mempunyai 5 kualitas yg bisa membuat kita selalu tenang dalam menjalani hidup, jika kita selalu memegang prinsip-prinsip itu di dalam hidup ini."

1. Kualitas yang pertama
Pensil mengingatkan kita kalau kita bisa berbuat hal yg hebat dalam hidup ini. Tetapi layaknya sebuah pensil ketika menulis, kita jangan pernah lupa kalau ada tangan yang selalu membimbing langkah kita dalam hidup ini. Kita menyebutnya tangan TUHAN.
DIA akan selalu membimbing kita menurut kehendakNya."

2. Kualitas kedua
Dalam proses menulis, kita kadang beberapa kali harus berhenti dan menggunakan rautan untuk menajamkan kembali pensil. Rautan ini pasti akan membuat si pensil menderita. Tapi setelah proses meraut selesai, pensil akan mendapatkan ketajamannya kembali. Begitu juga dengan kita, dalam hidup ini kita harus berani menerima penderitaan dan pencobaan dan tantangan dalam kehidupan, karena hal itulah yg akan membuat kita menjadi orang yg lebih baik.

3. Kualitas ketiga
Pensil selalu memberikan kita kesempatan untuk mempergunakan penghapus, untuk memperbaiki kata-kata yang salah. Oleh karena itu, kita selalu diberi kesempatan memperbaiki kesalahan kita dalam hidup ini. Itu bisa membantu kita untuk tetap berada pada jalan yg benar.

4. Kualitas ke empat
Bagian yg paling penting dari sebuah pensil bukanlah bagian luarnya, melainkan arang yg ada di dalam sebuah pensil. Oleh sebab itu, selalulah menyadari hal-hal di dalam diri kita.
Instropeksi diri dan jangan mudah menyalahkan orang lain.

5. Kualitas ke lima
Sebuah pensil selalu meninggalkan tanda/goresan. Seperti juga kita harus sadar kalau apapun yg kita perbuat dalam hidup ini akan meninggalkan kesan. Oleh karena itu selalulah hati-hati dan sadar terhadap semua tindakan dan perkataan agar tidak menyakiti orang lain.

# moga bermanfaat

Kamis, 24 April 2014

Apa itu Inverter? Katanya AC Pakai Beginian Jadi Hemat Listrik…


Jaman sekarang, kalau mau AC (Air Conditioner)  yang hemat listrik, katanya kita harus memilih AC yang berteknologi inverter. Namun, apakah itu inverter? Mari saya coba jelaskan untuk Anda.
Inverter adalah alat yang berkebalikan dengan adaptor. Adaptor, bagi yang belum tahu, berguna untuk mengubah arus AC (bolak-balik) menjadi arus DC (searah). Contoh sederhana adaptor adalah charger handphone, charger laptop, dll. Sebaliknya, inverter mengubah arus DC menjadi arus AC. Dalam bidang elektro, inverter merupakan aplikasi rangkaian osilator daya.
Lalu mengapa dibutuhkan inverter? Mungkin Anda akan berpikir, “Jika membutuhkan arus AC, ya pakai saja listrik dari jala-jala (PLN).” Di sinilah fitur utama inverter yang membedakannya dari arus AC jala-jala.  Arus AC yang dihasilkan oleh inverter dapat diatur nilai tegangan dan juga frekuensinya. Arus AC jala-jala hanya memiliki tegangan 220 V dan frekuensi 50 Hz. Dengan trafo, tegangannya dapat diubah tetapi frekuensinya tidak bisa.
Kegunaan fitur pengubahan frekuensi oleh inverter dapat kita lihat pada AC (Air Conditioner). AC menggunakan kompresor untuk mendinginkan ruangan. Pada AC tanpa inverter, kompresor ini hanya bisa dijalankan dengan kecepatan penuh, atau tidak dijalankan sama sekali. Jika suhu ruangan terlalu tinggi daripada suhu yang ditetapkan, kompresor dijalankan, jika terlalu rendah, kompresor dimatikan. Kecepatan putar kompresor diatur oleh frekuensi arus bolak-balik yang diberi sehingga arus listrik dari jala-jala hanya bisa memutar kompresor dalam satu kecepatan. Dengan pengaturan frekuensi oleh inverter, kecepatan kompresor bisa diatur sehingga tidak perlu dinyala-matikan, tetapi dijalankan terus dengan kecepatan tertentu (tidak harus kecepatan penuh).
Kompresor yang dijalankan secara konstan mengonsumsi energi lebih kecil daripada kompresor yang dinyala-matikan berulang-ulang kali. Hal ini karena pada saat mulai menyala, kompresor membutuhkan daya sesaat yang besar (bisa ditunjukkan dengan lampu rumah yang berkedip ketika anda menyalakan AC). Maka, AC yang menggunakan inverter bisa lebih hemat daripada AC tanpa inverter.
AC Inverter, berbeda dengan AC Conventional. AC Inverter, seperti istilahnya, menggunakan tambahan Inverter yang bertugas mengatur kecepatan motor dari kompresor untuk menghasilkan suhu yang diinginkan. Jika thermostat mendeteksi suhu ruang lebih panas dari yg kita inginkan, maka compressor akan diatur berputar lebih kuat untuk mengalirkan Freon sehingga didapatkan udara lebih dingin, alias meningkatkan penggunaan listrik. Sebaliknya, jika suhu ruang lebih dingin dari yang diinginkan, maka compressor akan diatur supaya berputar lebih lemah sehingga udara dingin yang disemprotkan AC berkurang, dan demikian pula penggunaan listrik akan berkurang.
Sebaliknya, AC konvensional hanya punya dua kemungkinan, mati atau hidup, jika udara ruang lebih panas dari yang diinginkan, maka compressor hidup, sedang jika lebih dingin, compressor mati.

Demikian kira2 beda AC Inverter dibandingkan AC konvensional.

Minggu, 23 Maret 2014

YUK, BUAT PERANGKAP NYAMUK ALAMI!

Nyamuk Mendeteksi Keberadaan Manusia dari Napas dan Bau Badan

Karbon dioksida yang kita embuskan dan bau badan dari kulit kita ternyata menjadi petunjuk jalan bagi nyamuk betina saat berburu manusia yang tepat sebagai mangsa sekaligus inang penyebaran penyakit, seperti malaria, dengue, dan demam kuning. Itu terungkap lewat riset dua ahli serangga di University of California, Riverside, Amerika Serikat.
 Kedua ahli entomologi itu melakukan eksperimen untuk mempelajari bagaimana nyamuk betina Aedes aegypti, nyamuk yang menularkan penyakit kuning dan dengue, merespons embusan karbon dioksida dan bau badan manusia.

 Laporan yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Biology itu mengungkapkan bahwa embusan karbon dioksida dari napas adalah sinyal pertama yang dideteksi oleh nyamuk. Selanjutnya, serangga itu mengikuti bau yang dikeluarkan kulit untuk menemukan manusia.

Perangkap nyamuk murah bisa Anda buat sendiri untuk mengatasi serbuan nyamuk di rumah.
3                                                                                                     
Posted on 8 April 2013 by: Dewi Kartini (@dewikartini)
http://www.ideaonline.co.id/var/gramedia/storage/images/idea2013/tips-trik/yuk-buat-perangkap-nyamuk-alami/perangkap-nyamuk-alami-1304082/10558453-1-ind-ID/PERANGKAP-NYAMUK-ALAMI-130408_idea650x430.jpg
1/3
« PreviousNext »
·         PERANGKAP-NYAMUK-ALAMI-130408
·         PERANGKAP-NYAMUK-ALAMI-130408
·         ALAT-BAHAN-NYAMUK-130408
·          
·          
Nyamuk, serangga bersayap yang senang menghisap darah. Binatang ini kerap menjadi momok, karena gigitannya yang gatal dan bisa membawa bibit penyakit demam berdarah. Untuk mengatasi serbuan nyamuk, ada perangkap nyamuk sederhana yang bisa Anda buat sendiri dengan biaya murah dan pengerjaan yang mudah. Penasaran? Ayo, segera kita buat!.
Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan: botol kemasan dari plastik, 200ml air panas, 50gr gula merah, 1gr ragi, kertas/kain/plastik berwarna hitam untuk membungkus botol, cutter dan lem.
Langkah pengerjaan: Potong botol pada 1/3 bagian atasnya, dan sisihkan. Masukkan gula merah dalam air panas, aduk hingga gula larut, biarkan sampai dingin. Lalu tuangkan larutan itu ke dalam botol bagian bawah. Tambahkan ragi ke dalamnya, jngan diaduk, biarkan ragi larut sendiri. Selanjutnya, ambil bagian atas potongan botol, tempatkan dengan posisi terbalik sehingga menyerupai corong, ke atas botol yang sudah diisi larutan. Langkah terakhir, bungkus sekeliling botol dengan kertas, plastik atau kain berwarna hitam.
Siapkan beberapa perangkap nyamuk seperti ini, agar Anda dapat meletakkan alat tersebut di setiap sudut rumah. Gula yang digunakan dalam perangkap akan mengundang semut. Cegah semut dengan cara menggoreskan kapur anti semut di sekeliling kaki botol. Setelah dua atau tiga hari, Anda akan bisa menemukan ratusan nyamuk di dalam botol.
Selamat mencoba!






Sabtu, 20 Juli 2013

CARA PRIMITIF MEMPERBAIKI BARANG ELEKTRONIKA



Seperti yang kita sudah tau, perkembangan peralatan elektronik itu sungguh pesat sekali. Tahun ini mungkin kamu baru aja beli sebuah handphone canggih yang bisa ngirimin SMS. Eh tau-tau setahun kemudian udah keluar sebuah handphone canggih yang gak hanya bisa ngirim SMS, tapi juga bisa bikinin kopi! Ya ampun! Manusia memang sulit untuk bersaing dan mengikuti perkembangan elektronik dan teknologi. Apalagi kalo urusannya dengan menyelesaikan masalah-masalah peralatan elektronik.

Peralatan elektronik boleh berkembang dengan sangat pesat, tapi urusan soal menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan hal tersebut, kayaknya sih kebanyakan manusia masih mentok sama hal-hal primitif. Seperti misalnya:

1. Digebuk-gebuk
Menggebuk-gebuk sebuah alat elektronik selalu diyakini dapat menyelesaikan masalah peralatan elektronik, mulai dari TV tabung sampe ke mesin ATM. Sepertinya itu adalah salah satu reflek pertama manusia ketika sebuah alat elektronik terlihat bermasalah. Gebuk aja. Kalo pun itu gak menyelesaikan masalah, paling gak emosi kamu tersalurkan sih.

Tingkat Keberhasilan: 20% lah. Kalo TV tabung sih biasanya masih sering berhasil. Tapi kalo peralatan elektronik lainnya biasanya sih gak ada efeknya sama sekali.

2. Ditiup
Ini adalah sebuah solusi primitif yang sepertinya sih dimulai dari era cartridge ya. Kamu yang dulu main Nintendo, Sega, ataupun Super Nintendo masih pernah melakukan solusi ini. Game gak nyala? Ya tiup aja secara rata dari kiri ke kanan. Gak tau karena sugesti atau apa, tapi di jaman Nintendo dulu sih kayaknya ini sering berhasil ya. Di jaman sekarang, cara tiup-tiupan ini masih sering dipake untuk menyelesaikan masalah elektronik yang hubungannya dengan colokan, seperti misalnya alat-alat yang melibatkan kabel USB.

Tingkat Keberhasilan: Di jaman Nintendo sekitar 60%. Di jaman sekarang…1 % kayaknya.

3. Cabut-Colok
 
Ini adalah salah satu metode yang paling sering digunakan untuk urusan komputer. Komputer gak mau nyala? Cabut colok atau kencengin kabel-kabelnya. USB gak kebaca? Cabut colok atau kencengin USBnya. Windows gak mau nge-boot? Kenceng-kencengin kabel harddisknya. Sepertinya ini merupakan metode wajib dan setiap ahli atau tukang komputer juga wajib menanyakan hal ini ke setiap orang yang bertanya padanya tentang masalah komputer yang rusak.

Tingkat Keberhasilan: Ternyata cukup tinggi lho. Sepertinya ada banyak masalah komputer yang terjadi cuma karena sesuatu kurang kenceng atau hanya harus dicabut-colok.

4. Dibisikin
Ini adalah yang dilakukan banyak orang ketika alat elektroniknya rusak mendadak di saat yang sedang genting. Biasanya orang-orang ini kemudian menjadi sangat depresi dan memohon pada si alat agar jadi betul seketika. Bocoran: cara ini gak mungkin berhasil dan membuat kamu terlihat bodoh.

Tingkat Keberhasilan: 0%. Kalo pun tiba-tiba itu berhasil, itu cuma kebetulan.

Kamis, 11 Juli 2013

LISTRIK STATIS







Listrik Statis,? pernahkah Anda mendengar?
Waktu SD anda pasti pernah di terangkan tentang listrik statis,yang di contohkan oleh guru dngan menggosok-gosokan penggaris ke rambut yang kering lalu di dekatkan dengan sobekan-sobekan kertas kecil dan ajaib sobekan-sobekan kertas kecil itu  melayang-layang sepeti ada medan magnet yang mempengaruhinya. Listrik statis bisa terjadi kalau perpindahan muatan dari benda yg satu ke benda yg lain, bisa diakibatkan adanya gesekan antara benda yg satu dgn benda yg lain.

Misalnya :
Gesekan antara sisir plastik dgn rambut yg kering atau karpet.
Gesekan antara molekul2 uap air di awan yg membuat awan bermuatan yg akan dilepaskan ke bumi sebagai petir.
Penumpang di dalam mobil ikut mendapatkan muatan positif dr mobil (karena ban-nya bergesekan dengan jalan).
Mungkin beberapa   contoh kecil mengenai listrik statis.

Pengertian Listrik Statis
Pertama pada pembahasan listrik statis dan dinamis ini kita dahulukan yang statis. Listrik statis adalah energi yg dikandung oleh benda yang bermuatan listrik. Muatan listrik benda tersebut dapat positif maupun negatif. Bila diperinci lebih dalam lagi, semua zat itu dibentuk dari sejumlah atom. Tiap-tiap atom memiliki inti atom yg terdiri dr elektron dan proton yang mengitarinya. Proton memiliki muatan listrik yang positif, sedangkan elektron memiliki muatan listrik yang negatif.
Disaat dua zat / benda contohnya tangan kita dan balon saling digesek-gesekan, material yang memiliki daya tarik lebih lemah yaitu tangan akan ditarik elektronnya dan menempel pd benda yang daya tariknya lebih kuat yaitu balon. Dengan demikian maka kedua zat tersebut jadi punya muatan listrik, dimana material yg elektronnya hilang akan memiliki muatan positif dan material yang mendapat elektron jadi bermuatan negatif.
Tangan maupun balon adalah material dengan muatan listrik netral disaat belum digesek satu sama lainnya, yaitu jumlah muatan negatif dan positifnya sama. Setelah dilakukan pengesekan, tangan jadi memiliki muatan positif yg berlebih dan balon jadi memiliki muatan negatif yg berlebih. Muatan listrik yg tdk sama akan salik tarik-menarik, jadinya muatan negatif dari balon ditarik oleh muatan positif dari tangan. Namun bila dihitung maka sebenarnya jumlah muatan total dari gabungan balon dan tangan tidaklah berubah. Penggesekan yang kita lakukan sebelumnyalah yang mengakibatkan elektron-elektronnya berpindah dari zat satu ke zat lainnya.
Pengertian Listrik Dinamis
Listrik dinamis adalah listrik yg bisa bergerak. Cara untuk menghitung kuat arus pd listrik dinamis ialah membagi muatan listriknya dengan waktu, dimana satuan muatan listrik disebut coulumb dan satuan waktunya dipakai detik. Coba dah liat baterai pada mobil mainan, baterai tersebut dijaikan sumber power untuk membuat motor listrik berputar. Bila kita menekan saklar ke keadaan on, maka ujung-ujung baterai akan terasambung dgn motor listrik yang juga akan menyala. Dengan demikian, motor listrik membuat roda menjadi berputar dan mobil mainan pun akan bergerak. Sebaliknya, disaat saklar pada posisi mati / off, motor dan baterai tidak terhubung. Sehingga motor listrik tidak menyala dan mobil mainanpun tidak bergerak. Demikian sobat sedikit ulasan mengenai pengertianListrik Statis dan Dinamis, moga bermanfaat ya.


Di dunia industri khususnya perusahaan-perusahaan elektronika menyatakan bahwa listrik statis adalah salah satu penybab terbesar terbesar yang dapat mempengaruhi kualitas suatu produk yang berbasis elektronika karena beberapa komponen sepeti IC dapat rusak atau berumur pendek jika adanya listrik statis yang mengalir pada rangkaian atau komponen tersebut.Tapi bagaimana mengatasi hal tersebut sebenarnya sangatlah mudah walaupun memerlukan biaya ,semakin besar biaya yang harus di kluarkan semakin efektip pengaruh listrik statis di tanggulangi.Dari kebanyakan perusahaan elektronika lebih spesifik terhadap Grounding atau yang kita kenal dengan pembumian yaitu salah satu cara membuang muatan lstrik dari tubuh kita atau dari suatu perangkat eletronik yang memiliki induksi listrik dari powernya sendiri.
Ya mungkin cara itu bisa di anggap benar tapi belum dapat mengatasi secara maksimal tanpa kita memperhatikan kelembaban udara pada ruangan yang di haruskan steril dari timbulnya listrik statis.
Gesekan sepatu kulit dengan karpet dll (Baca aja deh sendiri di buku fisika SMP)
Kenapa Bahaya? Karena kita, manusia dapat mengalami fenomena yang dikenal sebagai Electrostatic Discharge (ESD) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan transfer listrik statis dari satu objek ke objek yang lain.
Sengatan rendah listrik statis ke PC mungkin tidak langsung terlihat dampaknya ,tapi setelah jangka waktu tertentu PC Anda mulai sering hang atau sulit mencapai nilai OC tertentu yang dapat dengan mudah dicapai PC dengan spesifikasi yang sama.

Untuk pencegahan:

·         Jangan memakai pakaian wol atau nilon
·      Jangan memakai kaus kaki
·      berdiri di atas karpet sambil bekerja dengan PC Anda
·      Jauhkan pakaian Anda dari komponen
·      Gunakan anti static glove
·      Pastikan Anda tidak bergerak banyak sebelum bekerja dengan PC Anda, dan pastikan Anda tidak menggosok pakaian Anda dengan tubuh
·      Groundkan diri sebelum bekerja dengan PC Anda dengan memakai gelang anti statis atau menyentuh benda logam sesering mungkin
·      Saat bekerja dengan PC Anda ,cobalah agar salah satu bagian tubuh selalu menyentuh casing .
·      Lindungi komponen anda dengan kantong anti statis ketika mereka tidak terpasang .
·      Berhati-hatilah untuk tidak menyentuh benda logam /sirkuit /chip pada komponen anda seperti pin motherboard dan prosesor
·      Pegang komponen pada bagian tepi di mana tidak ada sirkuit


Fakta Lain : Di negara2 yg kelembabannya rendah (spt di daerah sub-tropis spt amerika, eropa), listrik statis sangat mudah terjadi. Oleh karena itu gelang yg dihubungkan dgn ground adalah mutlak diperlukan sblm memegang komponen elektronik.
Listrik statis berbahaya bagi komponen PC, jika berpindah ke komponen dalam jumlah yang cukup. Tubuh mengandung muatan listrik statis ketika anda, misalnya menggosok bagian tubuh terhadap suatu objek wol atau saat menginjak karpet dengan memakai kaos kaki. Saat kelembaban rendah, tubuh menjadi lebih mudah untuk mengisi dan menyimpan energi listrik statis, sedangkan saat kelembaban tinggi pengalihan listrik statis dari tubuh Anda ke udara lebih mudah.
Untuk mengatasi keseimbangan kelembaban udara suatu ruangan bisa di gunakan suatu perankat yang biasa di kenal  yaitu PAC (precission Air Conditioner),
PAC (precission Air Conditioner)system adalah system pengkondisian udara untuk mendapatkan temperature dan kelembaban sesuai dengan yang di butuhkan .
Unit PAC.


perangakat ini memang sama dengat AC biasa tapi untuk PAC sudah di rancang untuk memperoleh suhu dengan tingkat akurasi yang tinggi dan memilki pungsi  sebagai:

Cooling (pendinginan). Apabila temperature ruangan lebih tinggi dari pada set point dan di luar range  sensitivity maka akan terjadi proses pendinginan.

Heating (pemanasan).Apbila temperature ruangan lebih dingin dari pada temperature set point dan di luar range sensitivity maka terjadi proses heating.
Dehumidifying (pengeringan).Apabila kelembaban ruangan lebih tinggi dari pada setpoint maka akan terjadi proses dehumidifying.

Humidifying (Pelembaban).Apabila kelembaban ruangan lebih rendah dari pada set point maka akan terjadi proses  humidifying.
Filtering (pembersihan).proses pengeringan tejadi secara otomatis karena udara yang bersirkulasi di saring melalui filter khusus yang dapat menahan partikel -partikel kecil .


Freventif PAC


Memang kalau di tinjau dari masalah harga jauh lebih tinggi dari AC seperti biasanya tapi untuk perusahaan khususnya perusahaan elektronik yang benar-benar memiliki komitment tinggi dengan motto  “KUALITAS ADALAH NO 1” bukan masalah untuk memilki unit PAC ini,karena Unit PAC ini selain mengatasi  timbulnya listrik statis juga bisa mengatasi PCB korosif karena kelembaban yang terlalu tinggi ,jadi untuk ruangangan dingin saja belum tentu  kelembabannya sesuai  dengan standar yang  di haruskan,udara terlalu kering rentan menimbulkan listrik statis sedang kan udara terlalu lembab bisa mempengaruhi tembaga pada PCB korosif yang mengakibatkan timah solder sulit menempel pada PCB.

Selain Unit PAC ada lagi unit yang tak kalah cangginya yaitu FURAFIL ,konon  perushaan suplyer di amerika sudah 30 tahun yang lalu sudah memakai unit ini tapi di indonesi masih sangat jarang di temukan perusahaan yang memakai unit FURAFIL ini,pada frinsipnya hampir sama dengan PAC ,yaitu berfungsi sebagai FILTERING tapi unit ini lebih spsific lagi bahkan bukan udara kotor saja yang dapat di saring tapi gas-gas beracun sampai pengaruh radiasi server pun dapat di normakan dan masalah harga jelas masih di anggap tinggi bagi perusahaan yang berkomitment rendah hehehe…..



                                     pemasangan berbagai jenis filtering FURAFIL

Jumat, 24 Mei 2013

Cara Kerja AC dan Bagian-Bagiannya



Di era serba maju sekarang ini, kita pasti sudah sangat akrab dengan air conditioner. Kehidupan modern, apalagi di perkotaan hampir tidak bisa lepas dari pemanfaatan teknologi ini. Namun apakah banyak dari kita yang tahu bagaimana cara kerja ac sehingga bisa menghasilkan udara yang nyaman (baca: dingin) bagi kehidupan kita?

Udara dingin tersebut sebenarnya merupakan output dari sistem yang terdiri dari beberapa komponen, yaitu; 
compressor AC, kondensor, orifice tube, evaporator, katup ekspansi, dan evaporator. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai peran masing-masing bagian tersebut:

Compressor AC

Compressor AC adalah power unit dari sistem AC. Ketika AC dijalankan, compressor AC mengubah fluida kerja/refrigent berupa gas dari yang bertekanan rendah menjadi gas yang bertekanan tinggi. Gas bertekanan tinggi kemudian diteruskan menuju kondensor.

Kondensor AC

Kondensor adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengubah gas yang bertekanan tinggi berubah menjadi cairan yang bertekanan tinggi yang kemudian akan dialirkan ke orifice tube. Kondensor merupakan bagian yang “panas” dari air conditioner. Kondensor bisa disebut heat exchange yang bisa memindahkan panas ke udara atau ke intermediate fluid (semacam air larutan yang mengandung ethylene glycol), untuk membawa panas ke orifice tube.

Orifice Tube
Orifice tube merupakan tempat di mana cairan bertekanan tinggi diturunkan tekanan dan suhunya menjadi cairan dingin bertekanan rendah. Dalam beberapa sistem, selain memasang sebuah orifice tube, dipasang juga katup ekspansi.

Katup Ekspansi
Katup ekspansi merupakan komponen penting dalam sistem air conditioner. Katup ini dirancang untuk mengontrol aliran cairan pendingin melalui katup orifice yang merubah wujud cairan menjadi uap ketika zat pendingin meninggalkan katup pemuaian dan memasuki evaporator/pendingin.

Evaporator AC

Refrigent menyerap panas dalam ruangan melalui kumparan pendingin dan kipas evaporator meniupkan udara dingin ke dalam ruangan. Refrigent dalam evaporator mulai berubah kembali menjadi uap bertekanan rendah, tapi masih mengandung sedikit cairan. Campuran refrigent kemudian masuk ke akumulator / pengering. Ini juga dapat berlaku seperti mulut/orifice kedua bagi cairan yang berubah menjadi uap bertekanan rendah yang murni, sebelum melalui compressor AC untuk memperoleh tekanan dan beredar dalam sistem lagi. Biasanya, evaporator dipasangi silikon yang berfungsi untuk menyerap kelembapan dari refrigent.

Thermostat
Thermostat pada air conditioner beroperasi dengan menggunakan lempeng bimetal yang peka terhadap perubahan suhu ruangan. Lempeng ini terbuat dari 2 metal yang memiliki koefisien pemuaian yang berbeda. Ketika temperatur naik, metal terluar memuai lebih dahulu, sehingga lempeng membengkok dan akhirnya menyentuh sirkuit listrik yang menyebabkan motor AC aktif.
Jadi, cara kerja AC dapat dijelaskan sebagai berkut :

Compressor AC yang ada pada sistem pendingin dipergunakan sebagai alat untuk memampatkan fluida kerja (refrigent), jadi refrigent yang masuk ke dalam compressor AC dialirkan ke condenser yang kemudian dimampatkan di kondenser.

Di bagian kondenser ini refrigent yang dimampatkan akan berubah fase dari refrigent fase uap menjadi refrigent fase cair, maka refrigent mengeluarkan kalor yaitu kalor penguapan yang terkandung di dalam refrigent. Adapun besarnya kalor yang dilepaskan oleh kondenser adalah jumlahan dari energi compressor yang diperlukan dan energi kalor yang diambil evaparator dari substansi yang akan didinginkan.

Pada kondensor tekanan refrigent yang berada dalam pipa-pipa kondenser relatif jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan refrigent yang berada pada pipi-pipa evaporator.

Setelah refrigent lewat kondenser dan melepaskan kalor penguapan dari fase uap ke fase cair maka refrigent dilewatkan melalui katup ekspansi, pada katup ekspansi ini refrigent tekanannya diturunkan sehingga refrigent berubah kondisi dari fase cair ke fase uap yang kemudian dialirkan ke evaporator, di dalam evaporator ini refrigent akan berubah keadaannya dari fase cair ke fase uap, perubahan fase ini disebabkan karena tekanan refrigent dibuat sedemikian rupa sehingga refrigent setelah melewati katup ekspansi dan melalui evaporator tekanannya menjadi sangat turun.

Hal ini secara praktis dapat dilakukan dengan jalan diameter pipa yang ada dievaporator relatif lebih besar jika dibandingkan dengan diameter pipa yang ada pada kondenser.
Dengan adanya perubahan kondisi refrigent dari fase cair ke fase uap maka untuk merubahnya dari fase cair ke refrigent fase uap maka proses ini membutuhkan energi yaitu energi penguapan, dalam hal ini energi yang dipergunakan adalah energi yang berada di dalam substansi yang akan didinginkan.

Dengan diambilnya energi yang diambil dalam substansi yang akan didinginkan maka enthalpi [*] substansi yang akan didinginkan akan menjadi turun, dengan turunnya enthalpi maka temperatur dari substansi yang akan didinginkan akan menjadi turun. Proses ini akan berubah terus-menerus sampai terjadi pendinginan yang sesuai dengan keinginan. Dengan adanya mesin pendingin listrik ini maka untuk mendinginkan atau menurunkan temperatur suatu substansi dapat dengan mudah dilakukan.
Perlu diketahui :
Kunci utama dari air conditioner adalah refrigerant, yang umumnya adalah fluorocarbon [**], yang mengalir dalam sistem, menjadi cairan dan melepaskan panas saat dipompa (diberi tekanan), dan menjadi gas dan menyerap panas ketika tekanan dikurangi. Mekanisme berubahnya refrigerant menjadi cairan lalu gas dengan memberi atau mengurangi tekanan terbagi mejadi dua area: sebuah penyaring udara, kipas, dan cooling coil (kumparan pendingin) yang ada pada sisi ruangan dan sebuah compressor (pompa), condenser coil (kumparan penukar panas), dan kipas pada jendela luar.

Udara panas dari ruangan melewati filter, menuju ke cooling coil yang berisi cairan refrigerant yang dingin, sehingga udara menjadi dingin, lalu melalui teralis/kisi-kisi kembali ke dalam ruangan. Pada compressor AC, gas refrigerant dari cooling coil lalu dipanaskan dengan cara pengompresan. Pada condenser coil, refrigerant melepaskan panas dan menjadi cairan, yang tersirkulasi kembali ke cooling coil. Sebuah thermostat AC [***] mengontrol motor compressor AC untuk mengatur suhu ruangan.

[*] Entalphi adalah istilah dalam termodinamika yang menyatakan jumlah energi internal dari suatu sistem termodinamika ditambah energi yang digunakan untuk melakukan kerja.

[**] Fluorocarbon adalah senyawa organik yang mengandung 1 atau lebih atom Fluorine. Lebih dari 100 fluorocarbon yang telah ditemukan. Kelompok Freon dari fluorocarbon terdiri dari Freon-11 (CCl3F) yang digunakan sebagai bahan aerosol, dan Freon-12 (CCl2F2), umumnya digunakan sebagai bahan refrigerant. Saat ini, freon AC dianggap sebagai salah satu penyebab lapisan Ozon Bumi menajdi lubang dan menyebabkan sinar UV masuk. Walaupun, hal tersebut belum terbukti sepenuhnya, produksi fluorocarbon mulai dikurangi.

[***] Thermostat pada air conditioner beroperasi dengan menggunakan lempeng bimetal yang peka terhadap perubahan suhu ruangan. Lempeng ini terbuat dari 2 metal yang memiliki koefisien pemuaian yang berbeda. Ketika temperatur naik, metal terluar memuai lebih dahulu, sehingga lempeng membengkok dan akhirnya menyentuh sirkuit listrik yang menyebabkan motor AC aktif/jalan.

PENTING:
Penambahan refrigerant atau Freon AC hanya diperlukan untuk mengganti volume Freon yang hilang akibat kebocoran. Selama unit AC tidak mengalami kebocoran, Anda tidak akan perlu untuk mengisi refrigerant/Freon pada saat melakukan service AC.