spider

ANDRIANFALZYAH.BLOGSPOT . GUE BLOG KREATIV DAN INOVATIV

Minggu, 23 Maret 2014

YUK, BUAT PERANGKAP NYAMUK ALAMI!

Nyamuk Mendeteksi Keberadaan Manusia dari Napas dan Bau Badan

Karbon dioksida yang kita embuskan dan bau badan dari kulit kita ternyata menjadi petunjuk jalan bagi nyamuk betina saat berburu manusia yang tepat sebagai mangsa sekaligus inang penyebaran penyakit, seperti malaria, dengue, dan demam kuning. Itu terungkap lewat riset dua ahli serangga di University of California, Riverside, Amerika Serikat.
 Kedua ahli entomologi itu melakukan eksperimen untuk mempelajari bagaimana nyamuk betina Aedes aegypti, nyamuk yang menularkan penyakit kuning dan dengue, merespons embusan karbon dioksida dan bau badan manusia.

 Laporan yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Biology itu mengungkapkan bahwa embusan karbon dioksida dari napas adalah sinyal pertama yang dideteksi oleh nyamuk. Selanjutnya, serangga itu mengikuti bau yang dikeluarkan kulit untuk menemukan manusia.

Perangkap nyamuk murah bisa Anda buat sendiri untuk mengatasi serbuan nyamuk di rumah.
3                                                                                                     
Posted on 8 April 2013 by: Dewi Kartini (@dewikartini)
http://www.ideaonline.co.id/var/gramedia/storage/images/idea2013/tips-trik/yuk-buat-perangkap-nyamuk-alami/perangkap-nyamuk-alami-1304082/10558453-1-ind-ID/PERANGKAP-NYAMUK-ALAMI-130408_idea650x430.jpg
1/3
« PreviousNext »
·         PERANGKAP-NYAMUK-ALAMI-130408
·         PERANGKAP-NYAMUK-ALAMI-130408
·         ALAT-BAHAN-NYAMUK-130408
·          
·          
Nyamuk, serangga bersayap yang senang menghisap darah. Binatang ini kerap menjadi momok, karena gigitannya yang gatal dan bisa membawa bibit penyakit demam berdarah. Untuk mengatasi serbuan nyamuk, ada perangkap nyamuk sederhana yang bisa Anda buat sendiri dengan biaya murah dan pengerjaan yang mudah. Penasaran? Ayo, segera kita buat!.
Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan: botol kemasan dari plastik, 200ml air panas, 50gr gula merah, 1gr ragi, kertas/kain/plastik berwarna hitam untuk membungkus botol, cutter dan lem.
Langkah pengerjaan: Potong botol pada 1/3 bagian atasnya, dan sisihkan. Masukkan gula merah dalam air panas, aduk hingga gula larut, biarkan sampai dingin. Lalu tuangkan larutan itu ke dalam botol bagian bawah. Tambahkan ragi ke dalamnya, jngan diaduk, biarkan ragi larut sendiri. Selanjutnya, ambil bagian atas potongan botol, tempatkan dengan posisi terbalik sehingga menyerupai corong, ke atas botol yang sudah diisi larutan. Langkah terakhir, bungkus sekeliling botol dengan kertas, plastik atau kain berwarna hitam.
Siapkan beberapa perangkap nyamuk seperti ini, agar Anda dapat meletakkan alat tersebut di setiap sudut rumah. Gula yang digunakan dalam perangkap akan mengundang semut. Cegah semut dengan cara menggoreskan kapur anti semut di sekeliling kaki botol. Setelah dua atau tiga hari, Anda akan bisa menemukan ratusan nyamuk di dalam botol.
Selamat mencoba!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar